Pengertian Sitemap Blog dan Kegunaannya Dalam SEO

Selamat datang di KokoDodi.blogspot.com. Kali ini saya akan membahas tentang Pengertian Sitemap Blog dan Kegunaanya dalam SEO. Banyak blogger pemula yang bertanya-tanya, Apakah Sitemap itu? Pentingkah Untuk Blog kita? dan Apa pengaruhnya bagi SEO? Tenang saja, semuanya akan saya bahas satu per satu disini. Berikut penjelasan saya tentang Sitemap dan Kegunaannya dalam SEO.
Pengertian Sitemap Blog dan Kegunaannya Dalam SEO

Apasih Sitemap itu? Dan Apa Fungsinya?

Sitemap dapat kita artikan sebagai Peta Situs suatu blog atau website. Sitemap pada umumnya dibagi menjadi 2 kategori yaitu Sitemap untuk Pengunjung dan Sitemap untuk SEO. 

Sitemap Untuk Pengunjung merupakan sitemap berisikan daftar isi semua artikel yang kita buat dalam suatu blog. Sitemap ini berguna untuk mempermudah para pengunjung kita untuk melihat semua artikel yang kita miliki dalam suatu blog. Contoh Sitemap untuk mengunjung adalah Sitemap KokoDodi. Sitemap ini dibuat secara manual, jadi apabila anda selesai membuat suatu artikel anda harus mengedit dan memasukan Link artikel yang baru tersebut kedalam Sitemap anda.

Sitemap Untuk SEO merupakan sitemap yang kita buat untuk mengirimkan peta situs kita ke webmaster untuk diproses crawling yang nantinya akan di index oleh mesin pencari, sehingga setiap konten isi blog kita dapat muncul di hasil pencarian (Baca : Tutorial Mempercepat Postingan Terindeks Oleh Google Menggunakan Webmasters). Sitemap untuk SEO lebih dikenal dengan Sitemap.xml. Untuk melakukan hal itu kita memerlukan proses Submit ke dalam Google Webmaster. Bagaimana cara melakukannya? Caranya dapat anda baca di tutorial yang sudah saya tulis yang berjudul Tutorial Submit Sitemap Blog dengan Google Webmaster

Apakah Pengaruh Sitemap untuk Optimasi Blog Dalam Bidang SEO?

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa Sitemap untuk SEO atau Sitemap.xml digunakan untuk mengirimkan peta situs ke webmaster untuk proses crawling yang digunakan untuk proses indeks oleh Google atau dengan kata lain adalah agar blog kita di index oleh google dan muncul di halaman pertama pencarian google sehingga kemungkinan untuk blog Anda dibuka oleh pengunjung melalui Search Engine Google. Sitemap.xml juga meningkatkan kualitas SEO suatu blog, sehingga membuat blog tersebut mampu bersaing dengan blog lainnya untuk mendapatkan halaman pertama pada Search Engine Google.

Jadi apakah anda sudah mengerti kegunaan dari Sitemap untuk suatu blog? Sitemap.xml juga sangat mempengaruhi apabila anda ingin mendaftar Google Adsense. Apabila blog anda belum memiliki Sitemap.xml saya sarankan untuk membuatnya terlebih dahulu sebelum anda mendaftarkan blog anda ke Google Adsense.

Itulah yang dapat saya sampaikan tentang Pengertian Sitemap dan Kegunaanya dalam SEO. Apabila ada kesalahan dalam penulisan saya meminta maaf yang sebesar-besarnya. Tetap kunjungi KokoDodi.blogspot.com untuk melihar artikel tentang SEO yang lainnya. Sekian dari saya dan terima kasih sudah berkunjung.

3 Responses to "Pengertian Sitemap Blog dan Kegunaannya Dalam SEO"

  1. sip, terimakasih infonya.....
    http://www.infokubagus.com/2015/03/cara-membuat-sitemap-di-blog-yang-seo-friendly-otomatis.html

    ReplyDelete
  2. Informasinya sangat bagus mas.
    Saya mau tanya, kalau kita submit banyak sitemap di webmaster tool (google / bing) apa ada pengaruh baik atau buruk nya?
    Misalnya :
    /feeds/posts/default.
    /sitemap.xml.
    /feeds/posts/default?redirect=false.
    dan lain lainya...

    Terima kasih

    ReplyDelete
  3. terimakasih infonya,bermanfaat banget boz

    ReplyDelete