Tutorial Membuat Program Menghitung Jumlah Deret Menggunakan Rekursif dengan C++

Selamat datang di KokoDodi.blogspot.com. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial tentang membuat program Menghitung Jumlah Deret menggunakan Rekursif degan C++. Sebelum kita memasuki tutorial pembuatannya, apakah anda sudah mengetahui meteri tentang Rekursif? Jika belum, anda dapat melihatnya di artikel saya tentang Rekursif yang berjudul Pembahasan dan Contoh Rekursif pada C++. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, Rekursif adalah suatu metode fungsi yang memanggil dirinya sendiri ketika sedang di eksekusi. Lalu bagaimana kita memanfaatkannya untuk membuat program Menghitung Jumlah Deret? Simaklah tutorial dibawah ini.

Langkah Pertama :
Siapkan Tools yang menurut anda mudah digunakan untuk mengetikkan kode program seperti Borland C++, Notepad++, Codeblock dan lain sebagainya. Kalau saya menggunakan Borland C++, karena menurut saya tools ini paling mudah untuk digunakan.

Langkah Kedua :
Ketikkan kode program berikut ini. Untuk penjelasan sudah saya sediakan dibagian paling bawah artikel ini.
#include <iostream.h>
#include <conio.h>

long int jumlah_deret(int a);

main(){
 int n;
   cout<<"Masukan N suku yang mau dijumlahkan : ";
   cin>>n;
   cout<<"Jumlah suku ke N adalah : "<<jumlah_deret(n);
   getch();
}

long int jumlah_deret(int a){
 if(a==0){
    return(0);
   }else if(a>0)
   {
    return(a+jumlah_deret(a-1));
   }
}
Langkah Ketiga :
Jalankan kode program tersebut, lalu lihatlah hasilnya.
Output Dari Kode Program Menghitung Jumlah Deret
Output Dari Kode Program Menghitung Jumlah Deret

Penjelasan tentang Kode Program Menghitung Jumlah Deret

Saat program tersebut memanggil fungsi jumlah_deret (anggap saja inputannya adalah 10, sehingga nilai a = 10), maka  akan memasuki percabangan if untuk menentukan apakah nilai a itu lebih besar dari pada 0 atau tidak. 10 lebih besar dari 0 maka nilai return yang pertama adalah 10 + jumlah_deret(10 - 1).  Fungsi tersebut pun mengalami penggulangan dengan nilai a = 9 dan masuk ke percabangan yang kedua sehingga nilai return keduanya adalah 10 + 9 + jumlah_deret(9-1). Begitulah seterusnya sampai nilai a = 0 dan jumlah deret ke 10 adalah 55.

Itulah pembahasan dari saya tentang Totorial Membuat Program Menghitung Jumlah Deret Menggunakan Rekursif dengan C++. Semoga artikel saya ini dapat bermanfaat bagi anda. Sekian dari saya dan terima kasih sudah berkunjung.

2 Responses to "Tutorial Membuat Program Menghitung Jumlah Deret Menggunakan Rekursif dengan C++"

  1. Anda punya produk Fashion buatan sendiri? Segera masukkan produk anda di Kuka.co.id agar produk kamu dikenal banyak orang dan laris tentunya.

    ReplyDelete
  2. Ingin buka toko online yang menjual berbagai macam makanan lokal? Buka aja di KedaiKuka.com. Buat kedai anda dan masukkan produk makanan anda.

    ReplyDelete