Tutorial Merawat Baterai Laptop dan Handphone

Selamat datang di KokoDodi.blogspot.com, Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial tentang cara merawat baterai Laptop dan Handphone. Sadarkah anda, semakin lama pemakaian baterai maka semakin menurun kapasitas dan daya tahan suatu baterai? Atau anda pernah mengalami bahwa umur baterai anda hanya berumur 1 - 2 bulan? Apakah penyebabnya? Lalu bagaimanakah cara kita untuk menjaga baterai agar tetap awet dan memiliki umur yang lama? Berikut ini adalah beberapa tutorial untuk Merawat baterai Laptop dan Handphone.

Cara Pertama :
Segerahlah mengisi baterai Laptop maupun HP anda apabila indikator baterai sudah menunjukkan daya baterai tinggal 30% atau dibawahnya. Membiarkan baterai habis sampai 0% dapat merusak sel-sel yang ada dalam baterai, terutama baterai yang menggunakan bahan dasar Lithium-Ion.

Cara Kedua :
Apabila  indikator baterai sudah menunjukkan  daya baterai sudah terisi sebanyak 90%, segeralah untuk mencabut charger-nya karena mengisi baterai sampai 100% akan mengurangi umur baterai secara berkala.
Contoh Indikator Baterai pada Laptop
Contoh Indikator Baterai pada Laptop
Cara Ketiga :
Matikanlah perangkat atau berhentilah sejenak menggunakannya apabila suhu perangkat tersebut sudah cukup panas. Panasnya suatu perangkat dapat mempengaruhi kinerja baterai yang dapat menyebabkan daya yang digunakan menjadi sangat boros dan dapat mengurangi umur baterai itu sendiri.

Cara Keempat :
Apabila anda ingin menyimpan suatu baterai (tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama), maka janganlah membiarkan daya baterai tersebut dibawah 50%, karena daya baterai akan berkurang walaupun tidak digunakan dan apabila daya baterai telah mencapai 0% maka akan terjadi kerusakan sel-sel pada baterai.

Cara Kelima :
Jangan gunakan charger perangkat lain, karena daya yang dialiri oleh setiap charger kadang berbeda. Kelebihan atau kekurangan arus daya yang dialiri akan merusak sel-sel baterai.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan apabila anda ingin merawat baterai Laptop maupun Handphone anda. Sekian dari saya dan terima kasih sudah berkunjung.

0 Response to "Tutorial Merawat Baterai Laptop dan Handphone"

Post a Comment