Tutorial Mengembalikan File Yang Terhapus Menggunakan Tools Recuva

Selamat datang di KokoDodi.blogspot.com. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Cara untuk mengembalikan file yang terhapus menggunakan tools Recuva. Mungkin sebagian dari anda pernah secara tidak sengaja menghapus suatu file yang sangat penting. Memang untuk mengembalikan file yang terhapus dapat menggunakan Recycle Bin. Namun bagaimana apabila anda menghapusnya menggunakan Shift + Del atau menghapus secara permanen? Tentunya anda akan meresa gelagapan.  Namun anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara untuk mengembalikan file yang terhapus tersebut, salah satunya adalah menggunakan Tools Recovery.

Tools Recovery yang saya rekomendasikan adalah Recuva. Mengapa recuva? Alasannya adalah Recuva merupakan Tools Free yang dapat anda gunakan secara gratis dan cara penggunaannya pun sangat mudah.

Untuk mengembalikan file-file yang terhapus, anda dapat mengukuti tutorial yang ada dibawah ini.

Langkah Pertama :
Pertama-tama anda tentu harus memiliki Tools Recuva tersebut. Apabila anda belum memilikinya, anda dapat mendownloadnya di http://www.filehippo.com/download_recuva/ lalu menginstalnya ke PC ataupun laptop anda.

Langkah Kedua :
Bukalah Tools Recuva tersebut, lalu akan muncul tampilan seperti berikut ini dan langsung saja tekan tombol Next.
Tampilan Awal Recuva
Tampilan Awal Recuva
Langkah Ketiga :
Pilihlah jenis file yang anda ingin kembalikan, jika anda ingin memilih semua file yang tehapus maka pilihlah pilihan Other. Lalu tekan tombol Next
Contoh Tampilan Saat Memilih Jenis File
Contoh Tampilan Saat Memilih Jenis File
Langkah Keempat :
Pilihlah lokasi dimana file tersebut saat terhapus, apabila anda tidak mengingat lokasinya silakan pilih I’m Not Sure. Lalu tekan tombol Next.
Contoh Tampilan Saat Memilih Lokasi File Yang Terhapus
Contoh Tampilan Saat Memilih Lokasi File Yang Terhapus
Langkah Kelima :
Setelah menekan tombol Next diatas, maka akan muncul tampilan seperti berikut. Apabila anda ingin hasilnya mendetail atau lebih akurat maka centang Enable Deep Scan, namun proses recover akan sangat lama. Saya menyarankan untuk tidak mencentangnya saja. Lalu tekan tombol Start.
Contoh Tampilan Recuva Saat File Siap Untuk Dicari
Contoh Tampilan Recuva Saat File Siap Untuk Dicari
Langkah Keenam :
Tunggulah sampai proses Recover selesai.
Contoh Tampilan Proses Pencarian
Contoh Tampilan Proses Pencarian
Langkah Ketujuh :
Setelah proses Recover selesai maka akan muncul tampilan seperti berikut. Pilihlah File yang ingin anda recovery. Apabila pada bagian Filename terdapat bundaran berwarna hijau, itu artinya file tersebut masih utuh dan dapat dikembalikan secara sempurna. Apabila Bundarannya berwarna Kuning maka kemungkinan file tersebut sudah rusak dan Apabila bundarannya berwarna Merah maka file tersebut sudah rusak. Setelah memilih file yang ingin anda recover, tekanlah tombol Recover.
Contoh Tampilan Saat File Telah Dicari
Contoh Tampilan Saat File Telah Dicari
Langkah Kedelapan :
Akan muncul Pop Up windows untuk menentukan lokasi file yang akan anda tempatkan. Saya sarankan untuk memilih tempat yang berbeda dari tempat dile tersebut dihapuskan.  Lalu tekan tombol Ok.
Contoh Tampilan Saat Memilih Lokasi Penyimpanan
Contoh Tampilan Saat Memilih Lokasi Penyimpanan
Langkah Kesembilan :
Dan selamat! File anda telah berhasil di Recover. 
Contoh Tampilan File Sukses Direcover
Contoh Tampilan File Sukses Direcover
Itulah tutorial dari saya tentang Cara untuk mengembalikan File yang terhapus menggunakan Recuva. Sekian dari saya dan Terima kasih sudah berkunjung.

2 Responses to "Tutorial Mengembalikan File Yang Terhapus Menggunakan Tools Recuva"

  1. Dulu pernah pakai software ini, termasuk memuaskan sihh.. tapi nggak bisa pakai lagi sejak saya insap dan beralih full ke linux .. tapi Keren lahh! www.mystupidtheory.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan,.
      Kalau Software Recovery yang Free ini yang paling bagus menurut saya.. :)

      Delete